PUPRP Buka Jalan Menuju Air Terjun Boloung dan Olonggata

PARIGI MOUTONG – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP), merintis pembukaan jalan menuju lokasi obyek wisata air terjun di Desa Boloung dan Olonggata. Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu mengawali pembukaan jalan tersebut secara simbolis, Kamis (25/1).

Zulfinasran, selaku Kepala Dinas PUPRP Parigi Moutong, mengatakan, pembangunan jalan sepanjang 6 kilometer tersebut akan menelan anggaran kurang lebih Rp 275 juta dari APBD tahun 2018. Untuk proses pekerjaan dua jalan yang dimaksud akan dilakukan secara swakelola menggunakan alat milik instansi tehnis tersebut.

“Untuk jalan air terjun Boloung akan dibangun sepanjang 4 kilometer dengan angaran Rp165 juta dan jalan ke air terjun Olonggata dengan anggaran Rp110 juta dengan panjang 2 kilometer,” kata Zulfinasran.

Dia berharap, pemerintah desa setempat dapat membantu memperlancar pekerjaan jalan dengan melibatkan masyarakat untuk mempermudah lahan yang dilalui alat berat. Menurutnya, jika tidak ada kendala dilapangan, pembangunan jalan ini bisa rampung kurang lebih dua hingga tiga pekan.

Sementara itu, menurut Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, air terjun Boloung dan Olonggata sangat potensial untuk dikembangkan. Hanya saja, selain akses jalan menuju lokasinya masih sulit, letaknya juga belum banyak diketahui oleh masyarakat. Dia juga berharap dengan dibukanya jalan tersebut nantinya bisa berpengaruh pada perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

“Dibukanya akses jalan dua obyek wisata ini. Mudah-mudahan bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!