WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Wabup Badrun Nggai Respon Positif kunjungan PT. Cargill Indonesia terkait pengembangan Kakao diparimo

Avatar
Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai,SE Foto : Prokopim/Rachmat

PUPRP Online – Untuk meningkatkan kesejahteraan Para petani Kakao, Wakil Bupati Badrun Nggai terima Kunjungan Pihak PT Cargill Indonesia terkait  dalam Rangka pengembangan dan memajukan Perkebunan Kakao diparimo.

Kunjungan PT Cargill Indonesia keparimo tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Badrun Nggai diruang kerjanya, Senin (13/2/2023).

Turut Hadir Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir.Lewis, PT.Cargill Indonesia Samuel Eriksen Silallahi  (Monitoring Evolusion And Assurance Advisor), PT.Koltiva, dan CV.CAP, Bagian Prokopim Setda Parimo.

Dalam hasil pertemuan itu Wakil Bupati Badrun Nggai Menyampaikan melalui PT Cargill Indonesia Pihak pemda inginkan agar pembudidayaan Kakao diDaerah Parigi Moutong dapat ditumbuh kembangkan kembali setelah mengalami penurunan beberapa tahun terakhir, hal ini tentu diinginkan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani juga terkait pertumbuhan ekonomi dimasyakat.

“Saya harap hasil pertemuan ini bisa diketahui dan diinformasikan secara menyeluruh kepada masyarakat khususnya bagi para petani Kakao diwilayah desa desa.”Harapnya.

Kata Wabup ia juga akan membantu pihak PT untuk mensosialisasikanya ditingkat Kecamatan maupun desa ,hal ini tentu informasi yang baik bagi para petani untuk meningkatkan produktifitas Kakaonya dan berguna meningkatkan kesejahteraan dilingkup keluarganya.

Selaku Monitoring Evolusion And Assurance Advisor diPT Cargill,  Samuel Eriksen Silallahi  Saat ditemui menyampaikan tujuan kedatangan mereka keparimo terkait kolaborasi perusahaan mereka dengan Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong guna mengembangkan dan memajukan perkebunan kakao di wilayah Parimo.

Menurutnya bahwa perusahaan mereka memberikan peluang kepada para petani kakao di kabupaten parigi moutong dengan memberikan pelatihan baik secara pribadi maupun kelompok tentang bagaimana pengembangan kakao hingga tahap pasca panen dengan menjual hasil panen tersebut kepada pihak mereka dengan nilai diatas rata rata sehingga mampu memberikan kesejahteraan pada para petani melalui harga komuditi  biji kakao tersebut.”Ucapnya.

Lanjut Samuel pihak PT Cargill akan memberikan label sertifikasi rain forest aliens yang merupakan label yang digunakan oleh Negara penerima ekspor biji kakao tersebut”, ia katakana sertifikat ini nantinya akan memastikan bahwa hasil biji kakao dari perkebunan tersebut bernilai premium dan tidak tercampur dengan biji kakao kualitas rendah, hal ini tentunya memberikan nilai tambah bagi Negara penerima ekspor biji kakao sehingga hasil produksi biji kakao di daerah ini memiliki kualitas dan mutu premium “ imbuhnya.

ia juga menambahkan bahwa audiensi mereka dengan wakil bupati parigi moutong ialah memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah bahwa pihak mereka ada di daerah ini dalam proses pengembangan budidaya dan pengembangan biji kakao.”Tutupnya.

Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!