WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Wabup Badrun Nggai Buka Secara Resmi Letsar CPNS Formasi Tahun 2021

Avatar
Wabup Badrun Nggai pada saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS), bertempat di Aula Auditorium, Selasa 23/05/2023. Foto: Prokopim Yusup

PUPRP Online – Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai SE membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Nageri Sipil (Latsar CPNS) formasi tahun 2021 angkatan 129 angkatan 46 dan angkatan 47 Kabupaten perigi moutong tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) menyelenggarakan pelatihan dasar CPNS untuk Golongan II dan golongan III formasi tahun 2021.

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Gelombang III Kabupaten Parigi Moutongtahun 2023 di laksanakan di gedung auditorium kantor Bupati Selasa 23 Mei 2023.

Latsar CPNS adalah sebuah tahapan yang wajib dilalui semua Calon Pegawai Negeri Sipil di wilayah Kabupaten Parigi mautong sebelum kemudian sah diangkat menjadi PNS. Dalam tahapan ini, peserta Latsar akan diberi pendidikan dan pembekalan terkait nasionalisme, bela negara dan tugas serta kewajiban sebagai PNS.

“Pelatihan dasar CPNS formasi tahun 2021 dengan tujuan pelatihan dasar CPNS terpadu yang selanjutnya disebut dengan blend learning adalah pelatihan dasar CPNS yang dilakukan dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas,” ucap Kadek Mustapa Selaku ketua pelaksanan kegiatan tersebut.

Ia juga mengatakan, proses pembelajaran yang bertujuan untuk membangun integritas moral kejujuran semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan. Membentuk karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang agar setiap CPNS mampu menerapkan nilai-nilai dasar yaitu konseling yang telah dipelajari untuk menjadi ASN yang berhakrat.

Waktu dan tempat pelatihan dasar CPNS formasi tahun 2021, lanjut ia mengatakan, berlangsung selama 74 hari yang dilakukan dengan menggunakan pola branded learning dengan rincian melalui tahapan sebagai berikut tahapan online course yaitu emosi untuk tiga angkatan dimulai pada tanggal 15 Februari sampai 6 Maret 2023 yang kedua tahapan distan learning melalui sinkronus dan asik Cronus habituasi serta klasikal masing-masing 31 orang dilaksanakan tanggal 8 Maret sampai dengan 27 Mei angkatan 46 golongan 2 jumlah 32 orang dilaksanakan tanggal 9 Maret sampai 9 Mei 2023 golongan 3 dan golongan 2 berjumlah 13 orang dilaksanakan tanggal 16 Maret sampai dengan 7 Juni 2023 struktur kurikulum struktur kurikulum pelatihan dasar pola blank learning terdiri dari kurikulum pembentukan karakter PNS yang terdiri dari sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan kedudukan dan peran PNS untuk mendukung terwujudnya semangat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pelatihan dasar CPNS formasi tahun 2021 Kabupaten Parigi Moutong tahun 2023 jumlah ke seluruhnya peserta 94 orang yang terdiri dari golongan III 44 orang golongan II berjumlah 50 orang,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong dalam sambutannya mengatakan, pelatihan dasar ini merupakan salah satu persyaratan yang harus ditempuh oleh seorang calon pegawai negeri sipil, dalam masa percobaan sebelum diangkat menjadi pegawai negeri sipil, untuk membentuk kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku calon pegawai negeri sipil yang nantinya akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

“Saya sangat mendukung penuh kegiatan pelatihan ini dan berharap para peserta dapat mengikuti proses pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah kegiatan ini sebagai proses awal memberdayakan dan meningkatkan kompetensi diri, sehingga nantinya siap menjadi abdi negara dan masyarakat,” ujarnya.

“Wajib menjalani masa prajabatan berdasarkan peraturan lembaga administrasi negara republik indonesia nomor 1 tahun 2021, tentang pelatihan dasar cpns. Dengan bekal pendidikan formal yang telah ditempuh, diharapkan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan, mengkolaborasikan dan membangun daerah Kabupaten Parigi Moutong ini,” pungkasnya.

Sumber : Dokumentasi Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!