WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tanggapi Permintaan Masyarakat, Dinas PUPRP Lakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Parigimpu’u

Avatar

PUPRP Online – Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong melakukan rehabilitasi jaringan irigasi Daerah Irigasi (DI) di desa Parigimpu’u, Kecamatan Parigi Barat. Rehab dilakukan menindaklanjuti laporan masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani. Pasalnya, saluran irigasi di lokasi DI tersebut rusak dan mengakibatkan terganggunya suplay air ke area persawahan.

“Menanggapi permintaan masyarakat karena ada saluran yang putus. Jadi kita alokasikan anggaran untuk (rehabilitasi) itu,” ujar Zubaid ST kepala seksi irigasi bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPRP Parigi Moutong di sela-sela kunjungan ke DI Parigimpu’u, Selasa (30/11).

“Keluhan masyarakjat yang kedua lagi, di pintu intinya tertutup dengan batu-batu besar. Itu sudah diatasi, tinggal satu dua hari ini kita akan lakukan penggalian yang di bawah,” tambahnya.

Zubaid menegaskan dalam waktu dekat akan segera menuntaskan sejumlah permasalahan pada saluran irigasi itu agar petani yang ada di sekitarnya bisa mendapat suplay air untuk mengairi sawahnya.

“Itu nanti akan kita tuntaskan semua biar petani bisa kembali bisa melakukan aktifitas di sawahnya menggunakan air itu,” terangnya.

Untuk DI Parigimpu’u itu kata Zubaid memang dianggap perlu karena aliran airnya menjangkau beberapa desa di sekitarnya, sehingga ketika mengalami gangguan bukan hanya desa Parigimpu’u tetapi juga desa jangkauannya turut merasakan dampaknya.

“Sekarang itu yang dilayani daerah irigasi Parigimpu’u ada desa Parigimpu’u sendiri, kemudian Jono, kemudian Baliara sama Bambalemo. Ada empat desa disitu. Makanya kalau (gangguan) memang agak kecil (volume) airnya,” tutur Zubaid.

Cuma itu harapannya kita untuk menyuplay air ke tiga desa ini makanya itu kita maksimalkan,” pungkasnya. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!