WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Sekdaprov Hadiri Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2023 secara Virtual

Avatar
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Novalina saat mengikuti rakornas bersama Presiden Jokowi secara virtual (Foto: Ist)

PUPRP Online – Sulteng – Gubernur diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulteng Novalina didampingi oleh Kabag Ekonomi Setda Prov. Sulteng Farida mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023 secara virtual. Bertempat, di Ruang Teleconverence Kantor Gubernur, Rabu (14/6/23)

Rakornas ini diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan tema “Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi”. Kegiatan ini berlangsung di kantor BPKP secara hybrid dan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Mengawali sambutannya, Jokowi menyampaikan pengawasan penggunaan anggaran diperketat. Ia tidak mau program yang sudah disiapkan malah tidak maksimal karena anggaran tidak sesuai peruntukannya. Apalagi saat ini, pemerintah sedang fokus melakukan peningkatan produktivitas menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Saat ini pemerintah sedang fokus melakukan peningkatan produktivitas, utamanya menuju Indonesia emas 2045. Bukan barang hal yang mudah, angka-angkanya sudah ada tapi tantangannya tidak gampang. Kita tahu situasi global, situasi ekonomi dunia juga tidak mendukung”. Ucapnya.

Menanggapi kondisi ekonomi dunia yang begitu sulit, Jokowi juga menyampaikan, ada 96 negara masuk pasien International Monetary Fund (IMF) menunjukkan bahwa situasi dunia sekarang ini betul-betul pada situasi yang sangat sulit.

“Oleh sebab itu, setiap rupiah yang dibelanjakan, mulai dari dana APBN, APBD, maupun BUMN, semuanya harus produktif”. Ungkapnya.

Terakhir, Jokowi menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterimanya, banyak Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang berpotensi tidak optimal. Jokowi pun mengingatkan agar BPKP betul-betul mengawasi anggaran pemerintah supaya lebih produktif lagi.

“Sekali lagi perkuatan pengawasan internal jangan sampai hanya menjadi aksesoris, jangan sampai ada data yang ditutup-tutupi, kalau memang ada yang salah tunjukkan kesalahan, cara memperbaiki seperti apa”. Tutup Jokowi.

Turut hadir : Gubernur, Walikota, dan Bupati Seluruh Indonesia, Metri Perekonomian, Menteri Keuangan, Kepala BPKP RI, Mensetneg, Ketua KPK RI, Panglima TNI dan Kapolri.

Sumber : Kominfo Santik selaku Humas Pemprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!