WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Pemda Gelar FGD tentang Evaluasi Perkembangan Kawasan Transmigrasi Bahari Tomini Raya

Avatar
Wakil bBupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai buka FGD evaluasi kawasan transmigrasi bajari tomini raya (Foto: Prokopim)

PUPRP Online – Parigi Moutong – Sebanyak 20 Peserta Perwakilan Instansi Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong Ikuti Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Perkembangan Kawasan Trasmigrasi Bahari Tomini Raya.

Kegiatan yang dimotori oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Parimo tersebut Resmi dibuka oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE bertempat Aula Lantai II Kantor Bupati Parimo, Rabu (26/7/23).

dalam rangka tindak lanjut surat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Nomor 314/PKT.04.04/VII/2023 prihal tentang pelaksanaan kegiatan Evaluasi Perkembangan Kawasan Transmigrasi tahun 2023 Wabup Badrun Nggai, saat membuka kegiatan FGD menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini tentunya sejalan dengan Pemerintah Daerah.

“Tujuan Pemerintah Daerah Parigi Moutong sejalan dengan Pemerintah Pusat, namun dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan transmigrasi bersama Pemerintah Pusat diharapkan pembangunan transmigrasi di Parigi Moutong menjadi bagian Integral dari pengembangan Nasional dan Daerah,” Ucap Badrun.

Wabup juga mengatakan, kebijakan ini dilaksanakan tentunya sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di kawasan transmigrasi, terutama di kawasan yang masih terisolasi atau tertinggal dengan tujuan agar meningkatkan kesejahteraan para transmigrasi dan masyarakat sekitarnya.

menurutnya saat ini pembangunan trasmigrasi dilaksanakan dengan berbasis kawasan, program tersebut diproritaskan untuk mendukung pembangunan wilayah melalui satuan pemukiman baru, satuan pemukiman pugar serta satuan permukiman tempatan dengan berbagai pola usaha yang dikembangkan.

“Olehnya, melalui FGD harap Wabup dapat menyusun skala proritas pelaksanaan pembangunan dan pengembangan, sarana dan prasarana kawasan transmigrasi untuk mendukung kegiatan seperti antara lain usaha ekonomi dan sosial budaya,” ujarmya

Pinta Wabup program ini nantinya dapat di proritaskan juga bagi masyarakat yang berkemiskinan ekstrem, dengan jumlah sebanyak 50 kepala keluarga, dengan pembangian penduduk dikawasan transmigrasi 40 persen penduduk Transmigrasi dan 60 persen penduduk lokal.

Selain itu harapnya kepada peserta FGD yang megikuti kegiatan Evaluasi Perkembangan Kawasan Trasmigrasi ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya, serta dapat memberikan masukan dan gagasan demi terciptanya kesejahteraan masyarakat di kab. Parimo.

Turut hadir dalam kegiatan FGD Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Lewis, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Parimo Syamsul Nadjamudin, para Narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Heriyanto dan Kastana Sapanli, Kepala Kantor BPN Parimo Basuki Raharja,Kepala Bidang Perencanaan Kawasan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Provinsi Sulteng Sidik Purnomo serta Kabag Ops Polres Parimo Akp. Hendri Burhanudin.

Sumber : Prokopim Setda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!