WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Paristoba, Wilayah Kabupaten Parigi Moutong Yang Masuk KPPN

Avatar

PUPRP Online – engenai wilayah Kabupaten Parigi Moutong masuk dalam Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN). Pada tahun 2019 yang lalu, Kabupaten Parigi Moutong ditetapkan sebagai wilayah KPPN yang dipilih langsung oleh Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia.

Wilayah yang meliputi 3 Kecamatan di bagian Selatan Kabupaten terpanjang di Sulawesi Tengah ini terpilih karena dinilai merupakan saah satu Kawasan Perdesaan Berkelanjutan Berbasis Agropolitan. 3 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Parigi Selatan, Kecamatan Torue dan Kecamatan Balinggi, yang disingkat PARISTOBA.

Penetapan Paristoba masuk dalam daftar KPPN berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. Menjadi salah satu daerah agropolitan dengan komoditi padi, sudah jelas Parigi Moutong menjadi penghasil beras dan merupakan daerah lumbung pangan nasional.

Dengan demikian, Kabupaten Parigi Moutong akan menjadi perhatian pemerintah pusat, terutama dalam hal peningkatan pembangunan infrastruktur yang terukur dan tepat sasaran, sebagaimana tujuan pembangunan kawasan perdesaan ini untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, mempercepat dan meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan untuk mempercepat peningkatan kapasitas masyarakat dalam rangka melaksanakan sinergitas antara wilayah perdesaan dan perkotaan. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share