WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Parimo di Canangkan Sebagai Agrowisata Kampung Durian ‘Dirut Buah dan Florikultura Liferdi minta festival Durian di Parimo masuk dalam agenda tahunan

Avatar
Kepala Dinas TPHP Hadi Safwan mewakili Bupati Parigi Moutong Foto : Prokopim/ ajhi

PUPRP Online – Terkait gelaran Festival Durian yang akan helat bulan Mei mendatang, Pemkab Parigi Moutong semakin kiat melakukan rapat kesiapan.

Kali ini pemerintah parimo tengah melakukan pembahasan segala persiapan, melalui Rapat interaksi secara Virtual Zoom bersama Liferdi Dirut Buah dan Florikultura Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, di Rujab Bupati Parigi Moutong Selasa (21/2/2023).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Parigi Moutong Hadi Safwan, saat vidcom menyampaikan Pencanangan agrowisata kampung durian merupakan rencana Bupati Parigi Moutong. Katanya, keinginan Bupati bakal membuat kawasan durian di masing masing desa, dimana desa harus menyiapkan lahan 2 hingga 5 hektar yang akan dijadikan kampung durian.

“Kami berharap Pak Mentri ataupun Pak Presiden jika berkenan datang untuk melaunching kawasan agrowisata atau pun kampung durian di Parigi Moutong,” tutur Hadi.

Lanjut hadi menyampaikan, Pemerintah parimo melalui dinas TPHP telah menata kawasan untuk dijadikan agrowisata. Sebab sebagai wilayah yang berada di titik nol Khatulistiwa, Parigi Moutong sangat strategis untuk dijadian kawasan agrowisata.

Dalam paparan di hadapan Dirut Buah dan Florikultura, Hadi sampaikan sebelum event Festival Durian, Pemkab Parimo juga melaksanakan festival durian lokal.

“Ini sebagai upaya mengangkat durian durian lokal kearah lebih baik, Sehingga nantinya para petani lebih giat membudidayakan durian lokal di Parigi Moutong.” Imbuhnya.

Direktur Buah dan Florikultura (Dirjen Hortikultura) Dr. Liferdi, SP., M.Si mengatakan Parimo memiliki potensi durian yang cukup baik, tentunya pada pelaksanaan festival durian nanti ia berharap Festival Durian ini bisa menjadi agenda tahunan Pemerintah Parimo.

Tambahnya pemerintah harus menyiapkan konsep diamana pada event yang akan di launcing oleh presiden nantinya jangan hanya menjadi sebuah simbolis semata.

“Kami berkeinginan pada event festival durian yang dihadiri presiden betul betul suatu kegiatan yang berkelanjutan dan menjadi event tahun diparimo.” Pintanya.

Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!