WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Jelang PON XXI 2024, Pergatsi Gelar Babak Kualifikasi Gateball

Avatar
Foto : Ist

PUPRP Online –Tangerang – Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) menggelar Babak Kualifikasi PON XXI Cabang olahraga Gateball di Tangerang, 21-25 Juni 2023 untuk menyaring tim terbaik yang akan bertanding dalam Pekan Olah Raga XXI tahun 2024 ACEH dan SUMUT.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Umum PB Pergatsi dalam sambutannya yang disampaikan Ketua Harian PB Pergatsi Khalawi Abdul Hamid mengatakan, kejuaraan tersebut diikuti tim dari perwakilan 29 provinsi se-Indonesia.

Kejuaraan babak kualifikasi yang diselenggarakan merupakan salah satu syarat dari KONI pusat untuk ikut serta dalam Pekan Olah Raga (PON) XXI yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024.

“Ada 29 kontingen dari Aceh sampai Papua yang hadir dalam Babak Kualifikasi PON 2024 di BSD. Pertandingan hari ini akan berlangsung ketat, karena hanya enam besar yang akan bisa lolos ke PON XXI 2024,” kata Khalawi saat membuka Babak Kualifikasi Gateball PON XXI 2024, Rabu (21/6/2023).

Untuk itu Khalawi berpesan kepada wasit dan atlet untuk mengikuti permainan sesuai aturan dengan menjunjung tinggi sportivitas. “Karena pertandingan ini cukup lama hingga tanggal 25 Juni 2023, tolong dijaga kesehatan dan semangatnya, karena nanti pertandingan di PON akan lebih lama lagi sehingga membutuhkan stamina dan ketahanan mental,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Khalawi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Babak Kualifikasi Gateball PON XXI. “Terutama kepada para atlet, dan kontingen serta seluruh sponsor yang menyukseskan acara hari ini,” kata Khalawi.

Plt Ketua Umum Pengprov Pergatsi DKI Jakarta Thomas Aden selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, kategori dan nomor-nomor yang akan dipertandingkan pada Babak Kualifikasi PON XXI mencakup 4
(empat) kategori yaitu Beregu, Triple, Ganda, dan Tunggal, sehingga secara keseluruhan akan ada 8 (delapan) nomor pertandingan yakni Beregu Campuran, Beregu Pria,
Triple Campuran, Triple Pria, Ganda Campuran, Ganda Pria, Tunggal Pria, danTunggal Wanita.

“Total 684 atlet, dan lebih dari 200 official. Berkumpul disini para gateballer lebih dari 1000 orang dari 29 provinsi. Dipimpin wasit-wasit terpilih dari seluruh Indonesia. Akan dipilih masing-masing enam besar dari setiap kategori untuk bertanding di PON XXI. Ini merupakan kali pertama olahraga gateball dipertandingkan di PON,” kata Thomas.

Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Pembinaan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Puang Syamsuddin mengucapkan terima kasih kepada PB Pergatsi yang telah bersemangat menyiapkan babak kualifikasi POM XXI.

“KONI pusat hadir di semua cabang olahraga, untuk mengawasi pelaksaanaan pertandingan. Setelah kualifikasi ini diharap ada pertandingan berkualitas yang berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas. Saya berharap olahraga Gateball terus dipromosikan agar semakin dikenal luas dan dapat dipertandingkan di Sea Games dan Asian Games,” kata Puang.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah yang juga Wakil Ketua Umum PB Pergatsi, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Achmad Gani Ghazaly Akman, dan Sekjen PB Pergatsi Puja Samedhi.

( Sumber : Website Resmi kementerian PUPR )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!