WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Efendi Batjo Terpilih Ketua Umum Askab PSSI Parigi Moutong

Avatar
Efendi Batjo dan Nico Rantung terpilih sebaga Ketua dan Wakil Ketua Askab PSSI Parigi Moutong terpilih secara aklamasi dalam Kongres Luar Askab di Pantai Mosing (Foto: Rislan)

PUPRP Online – Parigi Moutong – Efendi Batjo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) periode 2023-2027.

Disamping Efendi Badjo terpilih aklamasi sebagai Ketum Askab, juga Nico Rantung terpilih Wakil Ketua Umum Askab PSSI Parigi Moutong bersama 5 Exco.

Dalam Statuta PSSI, Ketua, Wakil Ketua dan Exco dipilih oleh voter masing masing Club sepakbola yang berbadan hukum dan mempunyai kekuatan yang mengikat.

Wakil Ketua Panitia Komite Pemilihan Askab PSSI Parigi Moutong Drs Mahfudz mengatakan, Kongres luar biasa yang dilaksanakan saat ini merupakan tindaklanjut dari Konges biasa yang dilakukan beberapa waktu lalu yaitu menyepakati pemilihan Ketua, Wakil Ketua dan Exco Askab PSSI Parigi Moutong melalui Kongres luar biasa, dan alhamdulillah kata ia Kongres luar biasa telah dilaksanakan hari ini bertempat di Mosing Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (10/1/23).

Kata ia, sebelumnya panitia talah membuka proses pendaftaran Ketua Askab PSSI Parigi Moutong bagi siapa saja yang ingin maju sebagai Ketua Askab Parimo,  baik dari masyarakat biasa, pecinta sepakbola mapun dari kalangan lainnya, dan yang mendaftar untuk calon Ketua Umum Askab hanya satu orang saja yaitu Efendi Badjo, begitupun wakil Ketua hanya satu orang yaitu Nico Rantung sedangkan Exco 5 orang terpilih yaitu
Mahmud Tandju, Moko Ariyanto, Abd Rahman, Kurnia Sandi dan Radi Djafar.

“Menjadi Ketua Askab tidak tidak mesti orang yang tahu bermain sepakbola, namun yang dibutuhkan adalah mereka mau bekerja, memotivasi dan mau mengeluarkan sebagian rezekinya untuk mengurus persepakbolaan di Parigi Moutong,” Tuturnya.

Khusus memilih Exco kata Mahfudz perwakilan dari Club sepakbola di 23 Kecamatan dengan pembagian zona adalah sebagai berikut, mewakili dari wilayah Moutong terpilih Exco adalah Mahmud Tandju. Mewakili Wilayah Tomini Raya terpilih Moko Ariyanto, mewakili wilayah Tinombo terpilih Abd Rahman ST, terpilih mewakili wilayah Ampibabo Kurnia Sandi dan terpilih mewakili wilayah Parigi Radi Djafar.

Mantan pelaksana Tugas (Plt) Askab PSSI Parimo dan juga Exco Asprov PSSI Sulawesi Tengah Drs Ismail Pangeran MPdI mengatakan, secara otomatis dengan terpilih Ketua Askab Parimo definitif dan seluruh komponen penting pengurus Askab, maka dengan sendirinya pengurus lama dinyatakan demisioner.

Selanjutnya kata ia, setelah keluar Surat Keputusan (SK) Pengurus Askab PSSI Parigi Moutong yang baru dari Asprov PSSI Sulteng, maka Ketua, Wakil Ketua dan Exco Askab Parimo diberikan kewenangan penuh untuk memilih dan menentukan siapa yang masuk dalam Bidang-Bidang dibawah 5 Exco.

“Disinilah dibutuhkan orang orang yang profesional dan ahli dibidangnya masing masing. Benar dikatakan bapak Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu bahwa mengelola sepakbola untuk pimpinan tertinggi tidak mutlak harus pemain bola, tetapi ketika masuk teknisnya maka harus ahli di bidang masing masing yang mengelolanya,” Ujarnya.

Diskominfo Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!