WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Alasan PDI-P Usulkan Zulfinasran Calon Pj Bupati Parigi Moutong, Alfret: Jenjang Karier dan Pendidikannya Mumpuni

Avatar
Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Alfret Masboy Tonggiro. (Foto: Istimewa)

PUPRP Online -PARIGI MOUTONG , Belum lama ini, DPRD Kabupaten Parigi Moutong telah menetapkan tiga nama, Zulfinasran Tiangso, Richard Arnaldo Djanggola, dan Nelson Metubun, sebagai calon Pejabat (Pj) Bupati daerah setempat untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari tiga nama yang diusulkan sebagai calon Pj Bupati, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Parigi Moutong lebih tertarik untuk mengusulkan nama Zulfinasran Tiangso, yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

Bahkan usulan nama Zulfinasran Tiangso sebagai Pj Bupati mendapat dukungan dari Fraksi Bintang Indonesia DPRD Parigi Moutong. Tak tanggung-tanggung, tiga fraksi lainnya, yakni Hanura, Toraranga, dan PKB juga memberikan dukungannya terhadap nama Zulfinasran Tiangso diusulkan sebagai Pj Bupati Parigi Moutong.

Lantas, apa yang mendasari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Parigi Moutong yang diketuai Alfret Masboy Tonggiro, untuk mengusulkan nama Zulfinasran Tiangso sebagai Pj Bupati?

Menurut Alfret, jenjang karier dan pendidikan Zulfinasran Tiangso hingga menjabat sebagai Sekda Parigi Moutong, bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Dalam kariernya di pemerintahan, Zulfinasran Tiangso, memulainya dari jabatan Camat. Jabatan sebagai camat itu, bukan tanpa alasan, karena Zulfinasran Tiangso sebagai lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang kini berganti nama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Bahkan, Zulfinasran Tiangso pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP). Selain itu menjabat sebagai Kepala Bappelitbangda, yang sekarang menjabat sebagai Sekda Parigi Moutong. Apalagi soal kariernya Zulfinasran Tiangso, sudah jenjang Pratama,” ujar Alfret yang dihubungi via telepon seluler, Kamis, 7 September 2023.

Menurutnya, dari segi pemerintahan dan penguasaan wilayah, Zulfinasran Tiangso, juga sangat paham dan lebih dekat dengan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

“Kemampuan intelektual Zulfinasran Tiangso, sebagai lulusan STPDN, menurut kami sudah lebih mumpuni,” katanya.

Ditanya terkait penyerahan dokumen usulan tiga nama calon Pj Bupati, Alfret mengaku telah diserahkan kepada Kemendagri melalui Kasubdit Wilayah 4 Direktorat Otonomi Daerah.

“Dokumen yang memuat tiga nama calon Pj Bupati yang diusulkan sudah diserahkan langsung oleh bapak Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto,” tandasnya.

Sumber : JURNAL LENTERA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!