Pemkab Parigi Moutong Segera Bangun Huntap Untuk Korban Kebakaran di Loji

PU-PARIGI MOUTONG – Warga masyarakat Kelurahan Loji, Kecamatan Parigi yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran beberapa waktu yang lalu akan mendapat bantuan Hunian tetap (Huntap) dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Parigi Moutong, Andi Rahmat ST. Saat ditemui ketika melakukan peninjauan di sekitar lokasi rencana pembangunan Huntap. Dia mengatakan bahwa terkait bantuan tersebut, selain DPKP ada sejumlah dinas terkait, yakni Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kabupaten Parigi Moutong terkait tindak lanjut pembangunan Huntap tersebut.

“Ada 3 dinas yang terlibat untuk (bantuan) ini. Dinas PU dalam rangka pembongkaran, kemudian BNPB (BPBD) kaitannya dengan bantuan itu, kemudian dinas Perumahan yang nanti mengawasi.” Kata Andi Rahmat.

Dia juga menjelaskan bahwa bantuan yang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat tersebut, sebenarnya merupakan contoh tipe Huntap yang awalnya akan dibangun di sekitar kawasan Kantor BPBD Parigi Moutong. Namun kemudian dialihkan sebagai bantuan kepada korban kebakaran.

“Bantuan (huntap) ini dari BNPB. Jadi, sebenarnya itu ada tiga contoh tipe yang berbeda. Yang awalnya rencananya mau dibangun di BPBD, tapi mengingat ada yang kena bencana (kebakaran) ini rencana mau dibangun disini supaya dimanfaatkan sama yang kena bencana.” Ujarnya

Dia juga menambahkan bahwa nantinya bantuan huntap itu akan menjadi milik korban, dan rencananya akan diserahkan langsung oleh Bupati Parigi Moutong.

Sementara itu, terkait jadwal pembongkaran sisa puing-puing bangunan sejumlah rumah korban kebakaran tersebut, Sekretaris DPUPRP, Rivai ST mengatakan pihaknya sudah siap dan akan segera melakukan pekerjaan tersebut sesuai waktu yang disepakati, yaitu hari Kamis (27/06).

“Sudah siap, akan dilaksankan mulai (Kamis) besok.” Ujar Rivai.

Terkait bantuan huntap tersebut, Tri Nugrah Adhyarta selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parigi Moutong bahwa pihaknya tengah melakukan pendataan kembali korban yang terkena bencana kebakaran tersebut.

“Sesuai arahan pak bupati. Hari ini kami melakukan koordinasi dengan dinas Perumahan, dinas PU dan pemerintah kelurahan loji, untuk mendata kembali rumah tangga yang terdampak bencana kebakaran kemarin).” Kata pria yang akrab disapa Rio tersebut.

Dengan adanya bantuan huntap tersebut, Pemerintah kelurahan loji merasa sangat terbantu dan berterima kasih kepada semua pihak yang terkait. Hal tersebut disampaikan oleh Ramli, selaku Lurah Loji pada saat mendampingi sejumlah pejabat OPD terkait berkunjung ke lokasi hunian sementara (huntara) korban kebakaran yang terletak di halaman parkir Taman Toraranga, Rabu (26/06). -SL-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!