WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tim Dinas PUPRP Parigi Moutong Tinjau Sungai Uwemea Dolago

Avatar

PUPRP Online – Pelaksana tugas (Plt) kepala Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong didampingi kepala bidang Sumber Daya Air (SDA) Moh Aflianto ST, dan H Suardi selaku perwakilan DPRD Parigi Moutong, Sore tadi mengunjungi sungai Uwemea desa Dolago, Parigi Selatan. Hal itu dilakukan untuk meninjau langsung jalan yang putus di lokasi tersebut, akibat dari amblasnya tebing sungai beberapa waktu yang lalu.

“Kelompok tani disini sebenarnya sudah melakukan usaha mandiri bersama kelompoknya dengan melakukan penanggulangan dan normalisasi pada sungai ini, namun kembali dihantam banjir, jadi melalui Pak Haji Suardi mereka meminta tolong untuk dilakukan penanganan oleh pemerintah daerah,” ujar Zubaid, yang juga hadir pada peninjauan, Minggu (24/10).

Kepala seksi irigasi bidang SDA Dinas PUPRP Parigi Moutong itu kemudian mengatakan, sungai Uwemea dengan karakteristik saluran pembuang memang rawan terjadi hal seperti itu, diperparah dengan tanahnya yang sebagian besar berpasir, sehingga perlu hati-hati untuk penanganannya supaya tidak sia sia, apalagi pihaknya tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan penanganan di sungai itu.

“Mengingat dana yang terbatas dan waktu tanam padi masyarakat yang sudah akan dimulai, kami akan lakukan penanganan sementara dengan pemasangan bronjong dan lakukan normalisasi kembali pada sungai ini”, pungkasnya.

Mohammad Aflianto ST menambahkan agar kelompok tani yang ada di desa tersebut bisa bergotong royong membantu pengangkutan material jika nanti dilakukan pemasangan bronjong di sungai tersebut.

“Kami harap kelompok tani disini pada saat pelaksanaan pekerjaan bisa saling membantu untuk mengangkut material batu kali sehingga dana yang terbatas bisa dimaksimalkan,” ujar pria yang akrab disapa Anton itu.

“Buis beton yang sudah diadakan oleh kelompok tani akan kami pasang dibelakang bronjong,” tutupnya. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!