WEBSITE RESMI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHANKABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tim Laboratorium DPUPRP Parigi Moutong Uji Daya Dukung Tanah di Lokasi Pembangunan Jembatan Cabang 3 Bolano Lambunu

Avatar

PUPRP Online – Rencana pembangunan jembatan cabang 3 di Desa Margapura Kecamatan Bolano Lambunu akan segera terealisasi. Untuk itu, segala persiapan terkait pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut tengah dilakukan.

Sebagai langkah awal pelaksanaan pekerjaan itu, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong hari ini, Kamis (27/8) melakukan survey sekaligus pengujian untuk mengukur daya dukung tanah yang akan menjadi lokasi pembangunan jembatan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Agung Wibowo ST selaku kepala UPTD Laboratorium DPUPRP Parigi Moutong. Menurutnya, dari hasil pengujian akan diketahui daya dukung tanah di lokasi yang akan dibangunkan jembatan.

Ia mengatakan juga bahwa pengujian struktur tanah tersebut menggunakan alat sondir.

“Supaya nanti dari hasil data yang ada itu diketahui berapa kedalaman tanah yang dicapai dengan tekanan perdua ratus kilogram persentimeter persegi,” ujar Agung saat mengawal timnya melakukan pengujian di lokasi pembangunan jembatan.

“Pengujian tanah Ini menggunakan alat sondir. Untuk mengetahui daya dukung tanah, ” terangnya.

Sementara itu, Wayan Mudana ST yang menjabat kepala bidang Bina Marga DPUPRP Parigi Moutong juga menjelaskan hal yang sama. Ia bilang data hasil pengujian yang dilakukan akan menjadi penentu jenis pondasi yang akan dibangun.

“Hari ini dilakukan pengujian sondir, untuk rencana pembangunan jembatan cabang tiga. Untuk mengetahui daya dukung tanah supaya ditau jenis pondasi yang akan digunakan untuk penyanggah jembatan. Apakah sumuran atau tiang pancang,” kata Mudana yang juga hadir mendampingi tim laboratorium melakukan pengujian di lokasi.

Mudana juga menjelaskan mengenai lokasi pembangunan baru jembatan tersebut yang berbeda dari lokasi jembatan lama.

“Mengapa jembatan dibangun di lokasi sebelah? Mengingat abutmen yang ada sekarang itu ukurannya untuk jembatan belly, sedangkan tipe jembatan yang akan kita bangun ke depan itu menggunakan girder baja. Jadi kebutuhan abutmen lebih besar. Ditambah lagi pir tengah jembatan lama itu sudah rapuh, tidak memungkinkan untuk dipasang girder,” Terangnya.

Untuk jembatan cabang 3 yang lama kata Mudana, akan dilakukan penggantian eksistingnya, mengingat yang digunakan sekarang adalah batang kelapa yang tidak bisa bertahan lama, maka dari itu kata Mudana pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan agar nantinya bisa diganti dengan kayu yang lebih kuat.

“Untuk jembatan lama kita akan lakukan penggantian, yang sekarang eksistingnya dari swadaya masyarakat yang menggunakan bahan batang kelapa. Kita akan ganti dengan kayu kelas satu sehingga bisa tahan lama. Kita tau disini kendaraan yang lewat cukup padat, kalauhanya batang kelapa itu mudah lapuk,” jelas Mudana.

“Nanti anggarannya tersendiri, kita akan komunikasikan kembali dengan pak kadis,” tutupnya. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share
error: Content is protected !!