Mudana : Pemeliharaan Rutin Masih Jalan

PARIGI MOUTONG – Meskipun sebagian besar pekerjaan infrastruktur untuk pekerjaan jalan dan jembatan tahun 2020 di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Parigi Moutong tidak dilaksanakan, karena adanya pergeseran anggaran untuk penanganan Covid 19 Desease (Covid19), namun Bidang Bina Marga masih tetap melaksanakan kegiatan rutinitas tahunan kegiatan swakelola.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPRP Parigi Moutong, I Wayan Mudana mengatakan, secara keseluruhan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) murni di APBD sudah ditarik semua. Tetapi, untuk pekerjaan rutinitas yang dilaksanakan secara swakelola setiap tahun, itu kata dia masih berjalan.

Seperti untuk kegiatan pemelihaan jalan dalam bentuk patching (penambalan) jalan, masih tetap dilakukan. Saat ini kata dia, kegiatan tersebut tengah berjalan di dalam Kota Parigi.

Demikian halnya dengan pekerjaan pembangunan jalan secara swakelola menggunakan peralatan milik instansi tehnis tersebut, juga tetap berjalan tahun ini.

Kegiatan-kegiatan tersebut masih tetap ada karena masuk dalam pembiayaan DAU tahun 2020 dan masuk dalam kategori kegiatan rutin dinasnya. Selain itu, anggaran untuk kegiatan-kegiatan tersebut terbilang kecil karena dikerjakan menggunakan peralatan milik dinas.

“Untuk kegiatan rutin yang dibiayai DAU seperti pemeliharaan itu kita masih jalan, diluar itu untuk pekerjaan yang dibiayai DAK, semuanya tidak ada,” kata Mudana kepada Songulara, Senin (27/4).

Demikian halnya dengan pekerjaan infrastruktur yang bersumber dari pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD Parigi Moutong, juga masih tetap berjalan. Karena kegiatan tersebut dibiayai oleh DAU 2020.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan proses perencanaan untuk pekerjaan yang bersumber dari Pokir. (SL)

Sumber : Faiz, songulara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!