Ini Imbauan PBNU soal Jalani Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Jakarta – Ramadhan tahun 2020 atau 1441 Hijriah akan segera tiba. Pada 23 April 2020, pekan depan, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat melalui video conference dan bisa disaksikan masyarakat secara streaming. Situasi Ramadhan tahun ini memang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Di tengah situasi pandemi virus corona, masyarakat diimbau untuk banyak berdiam diri di rumah, termasuk beribadah. Sebagai salah satu organisasi muslim terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama ( NU) menyatakan bahwa pandemi corona bukan alasan yang dibenarkan agama untuk menggugurkan kewajiban puasa Ramadhan.

“Jangan ada yang berpikir jadikan wabah corona untuk menghindari berbagai macam jenis peribadatan selama bulan Ramadhan, apalagi untuk tidak menjalankan puasa,” kata Robikin Emhas, Humas Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) kepada Kompas.com (19/4/2020). Berbeda dengan orang sedang sakit, bepergian jauh yang telah memenuhi syarat atau orang lanjut usia yang tak sanggup menjalankan ibadah puasa, sehingga dapat mengganti puasa Ramadhan dengan puasa di bulan lain atau membayar fidyah. “Sebaliknya, mari gunakan Ramadhan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas penghambaan dan pengabdian. Agar kesalehan individual makin membaik dan kesalehan sosial nyata dirasakan umat manusia,” kata Robikin. Baca juga: Dorong Reformasi Organisasi, Gus Yahya Tak Ingin NU Sekadar Jadi Batu Loncatan Politik Sejak Covid-19 masuk Indonesia, PBNU secara resmi telah menerbitkan setidaknya 5 surat penting, baik berupa surat instruksi, imbauan maupun surat edaran. Isi surat meliputi protokol pencegahan, pembentukan Satgas NU Peduli Covid-19 dan panduan keagamaan menjalankan peribadatan di tengah pandemi Covid-19. Terkait peribadatan di bulan Ramadhan, PBNU mengeluarkan surat edaran yang berisi 4 poin seruan. Seruan ini diperuntukkan kepada semua jajaran pengurus, warga NU, dan umat Islam pada umumnya yang berada di kawasan pandemi corona. (SL)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ini Imbauan PBNU soal Jalani Ramadhan di Tengah Pandemi Corona “, https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/19/182300265/ini-imbauan-pbnu-soal-jalani-ramadhan-di-tengah-pandemi-corona-.
Penulis : Jawahir Gustav Rizal
Editor : Virdita Rizki Ratriani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!