Wabup Harap Pencegahan Covid-19 di Mulai Tingkat Desa Hingga Kabupaten

Parigi Moutong – Guna pencegahan merebaknya virus corona (Covid 19) di Kabupaten Parigi Moutong, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai kembali melakukan peninjauan posko siaga perbatasan tanggap darurat pencegahan penyebaran Covid 19 antar propinsi, diperbatasan Parigi Moutong dengan Kabupaten Pohuwato Propinsi Gorontalo serta perbatasan antar Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Toli-toli di Kecamatan Mepanga, Selasa (14/4).

Kunjungan kerja Wabup didampingi Wakil Ketua I DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja, Inspektur Inspektorat, Muh. Sakti Lasimpala, Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Revi Tilaar dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Sitti Wahyuni Borman, Camat Moutong, Camat Taopa dan Camat Mepanga.

Dalam kunjungannya, Wabup kembali ingin memastikan kondisi dan keaktifan posko tersebut, baik dari personil, peralatan tim hingga proses pengecekan masyarakat yang masuk ke wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Utamanya yang akan menetap atau warga Parigi Moutong yang datang dari daerah lain. Selain itu, dia juga ingin memastikan terbentuknya gugus tugas penanganan Covid 19 ditingkat kecamatan maupun desa.

Didepan para petugas, Wabup menyampaikan pencegahan penyebaran Covid 19 khususnya wilayah antar propinsi untuk memperketat pemeriksaan kepada masyarakat yang masuk ke wilayah Parigi Moutong.

“Petugas Posko Siaga covid 19 wilayah perbatasan antar propinsi harus melakukan pemeriksaan secara teliti. Pemeriksaan kesehatan dan data riwayat perjalanannya harus lengkap, khususnya masyarakat Parigi Moutong yang datang dari luar daerah terjangkit covid 19 dan hasil pemeriksaannya segera laporkan ke puskesmas tempat tujuannya” tuturnya.

Wabup menambahkan, dalam upaya mencegah masuknya Covid 19 di Kabupaten Parigi Moutong, seluruh stakeholder hingga elemen masyarakat harus bekerjasama melawan covid 19.

“Pasien dalam pengawasan (PDP) kita dua orang. Satu orang sudah dinyatakan negatif, satu orang lagi pemeriksaan pertama juga negatif, namun masih menunggu hasil pemeriksaan kedua. Dengan berkurangnya PDP, kita tidak boleh lengah, mari kita bekerja bersama sama mencegah covid 19,”.

Wakil Bupati Badrun Nggai menegaskan kepada para Camat maupun Kepala Desa untuk pro aktif melakukan pengawasan terhadap masyarakatnya.

“Camat, kepala desa dan kepala dusun harus pro aktif awasi masyarakatnya. Himbau masyarakatnya, sementara waktu jangan dulu keluar daerah. Apabila ada warganya yang datang dari daerah terjangkit covid 19 agar segera melaporkan kepada puskesmas setempat. Jika pencegahan covid 19 dimulai dari tingkat dusun, desa sampai pemerintah Kecamatan, insya Allah covid 19 tidak akan masuk di Parigi Moutong,”.

Wakil Bupati Badrun Nggai menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong untuk tetap waspada, jaga kebersihan diri maupun lingkungannya.

“Kita tidak boleh lengah,tetap waspada dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Mari bersatu, kita lawan covid 19,cegah jangan sampai masuk di Kabupaten Parigi Moutong,” pungkas Wakil Bupati Badrun Nggai. (SL)

Sumber : FAIZ Songulara.com & Humas Pemkab Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!