Longki : HPS 2020, Promosi Untuk Penyangga Pangan Ibu Kota Baru RI

PALU – Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs H Longki Djanggola M.Si, menyatakan kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS), dan Hari Gemar Makan Ikan (Gemarikan) Nasional 2020, merupakan momentum yang sangat tepat, seiring rencana Provinsi Sulteng, untuk menjadi penyanggah pangan bagi ibu kota baru Republik Indonesia, yang rencananya akan berpindah ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Jika dikaitkan dengan rencana menjadi penyanggah pangan ibu kota baru, maka kegiatan HPS dan Gemarikan 2020 di Provinsi Sulawesi Tengah, menjadi sesuatu yang tepat,” ujar Longki, saat menerima kunjungan Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, dan rombongan, di ruang kerjanya, Kamis (13/2).

Pada kesempatan itu, Longki menyebutkan, dirinya akan mengajak Bupati Parigi Moutong, dan empat bupati lainnya di Sulteng, guna bertemu dengan Gubernur Kaltim, di Samarinda.

“Insya Allah, dalam waktu dekat, saya akan mengajak Bupati Parigi Moutong, dan bupati lainnya, guna bertemu Pak Isran Noor (Gubernur Kaltim – red),” jelasnya.

Mantan Bupati Parigi Moutong dua periode itu menambahkan, dengan menjadi penyangga pangan, maka akan menjadi peluang warga Sulteng untuk berkontribusi atas pembangunan ibu kota negara.

“Saat ini saja, di Kaltim , produk asal Sulteng, seperti batu pecah, ikan, sayur mayur, dan produk perikanan, sudah lama mensuplai daerah itu,” tandas Longki.

Diketahui, Kabupaten Parigi Moutong, bertekad menjadi tuan rumah HPS dan Hari Gemarikan Nasional 2020. Tekad tersebut, merupakan bagian dari visi Bupati Samsurizal Tombolotutu, untuk menjadikan kabupaten dengan garis pantai sepanjang 472 kilometer itu, untuk menjadi salah satu daerah penyanggah pangan ibu kota baru negara di Kaltim. (SL)

Sumber (Rudi Martisandi/Songulara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!